Update Facebook Terbaru (Januari 2018)

Seperti yang sudah kita ketahui , Facebook termasuk social media yang cukup sering update . Bagi kita sebagai pebisnis online yang “dibantu” oleh Facebook dengan berbagai fitur yang disediakan, tidak ada yang bisa kita lakukan selain berusaha untuk selalu beradaptasi dengan update terbaru. Ingat..kita cuma “numpang ” di rumah Facebook…so.. pilihannya cuma 2, beradaptasi atau mati┬á ­čśÇ

 

Sekitar pertengahan Desember tahun lalu Facebook kembali mengupdate algoritma nya, kali ini tentang “engagement bait “.

Belum lama ini (Januari 2018) juga sudah ada update lagi , kali ini tentang postingan dari teman dan saudara yg lebih diprioritaskan.

Kita bahas yg pertama terlebih dahulu ya..

Btw saya belum tahu efeknya sudah sampai mana, apakah baru sebagian pengguna Facebook atau sudah menyeluruh . Yang jelas, sebagian teman-teman saya sudah kena dampaknya .

Untuk yang belum tahu apa itu engagement bait , simpelnya adalah seperti kata-kata yang menyuruh (baca : memaksa) orang untuk berinteraksi dengan postingan tertentu misalnya :

– “like postingan ini jika kamu suka film Korea” (react baiting )
– “Share ya untuk mendapatkan diskon khusus” ( share baiting )
– “Tolong tag 3 orang teman kamu untuk mendapatkan gratis ongkir” ( tag baiting )
– “Komen “mau free ongkir ” untuk mendapatkan gratis ongkir” (comment baiting)

Untuk yang masih suka memakai “taktik” seperti di atas…mohon segera bertaubat ya..karena Facebook sudah mulai menerapkan algoritma terbarunya tentang Engagement Bait , yang mana postingan yang masih memakai cara-cara seperti di atas akan lebih sedikit tampil di news feed .

Efeknya jelas, jangkauan menjadi turun, jumlah orang orang yg melihat menjadi sedikit.

Sebenarnya kenapa sih si Facebook menerapkan algoritma tsb ?

Awalnya Facebook memakai algoritma engagement news feed , yang mana postingan yg memiliki banyak interaksi (Engagement) memiliki potensi untuk bisa dilihat oleh lebih banyak orang.

Nah..kita (saya dan Anda ) yang sering jualan online ini tentunya ingin agar postingan jualan kita dilihat oleh banyak orang kan ? Oleh karenanya , banyak orang menggunakan cara (trik ) diatas agar postingan manjadi rame (banyak interaksi). Facebook ga suka cara-cara tersebut karena dianggap “gaming the system” , bahasa ndeso nya : “ngakali aturan” ­čś«

Facebook sebenarnya ingin agar postingan yangg di-posting isinya relevan dan bermanfaat /bermakna bagi yang melihatnya.

Solusinya gimana ?

 

Solusinya sederhana menurut saya . Seperti yang sudah sering kita dengar :” content is king “, bikin konten postingan yang lebih menarik, relevan, dan bermanfaat. Konten yang menarik secara otomatis akan viral dengan sendirinya, atau paling tidak bisa memancing orang orang untuk like, komen dan share secara alami.

# Update Facebook di Januari 2018

Untuk update yang terbaru ini, pada intinya Facebook akan lebih memprioritaskan postingan dari teman atau saudara yang mana akan menciptakan “meaningful interaction” (seperti yg dikatakan oleh Mark Zuckerberg , pendiri Facebook)

Om Mark sendiri mengatakan “meaningful interaction ” ini berarti menciptakan komentar, komentar, dan lebih banyak komentar .

Ini berarti bahwa kita sebaiknya memposting konten yang berkualitas, yang bisa memunculkan banyak interaksi diantara pengguna Facebook.

Intinya adalah, bikin konten yang berkualitas sehingga teman atau saudara bisa saling berinteraksi di postingan tersebut. Kurang lebih seperti itu ya…karena ini memang baru sebatas prediksi..hehe

Belum tahu seperti apa dampaknya, karena memang belum terjadi . So stay tuned aja ya ..hehe

2 Comments

  1. Avatar
  2. admin

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *