Saat Iklan Facebook Menjadi Sudah “Jenuh”

Salah satu penyebab kenapa performa iklan kita menurun adalah karena iklan kita sudah sangat sering ditampilkan ke orang-orang yang sama.

Akibatnya, orang-orang yang melihat iklan kita secara terus menerus lama-lama akan merasa terganggu, jenuh, bahkan bisa-bisa iklan kita di block atau ditandai sebagai spam.

Perlu saya garis bawahi terlebih dahulu, kalau ini beda dengan konsep retargeting ya…Retargeting dilakukan untuk mentarget ulang orang-orang yang sebelumnya sudah  terindikasi memiliki ketertarikan terhadap produk yang kita tawarkan atau untuk mentarget orang-orang agar segera take action (sign up, purchase, dll).

Iklan yang sama ditampilkan ke orang yang sama secara berulang ulang juga akan mempengaruhi brand atau citra dari produk kita. Dampak langsung yang bisa kita lihat adalah performa iklan menjadi menurun.

Apa sih penyebabnya ? Berikut ini diantaranya :

1. Mentarget ke audience yang terlalu sedikit jumlahnya

Contoh misalkan kita ingin mentarget ke 30.000 orang dengan budget 1 juta per hari, maka kemungkinan dalam beberapa hari saja iklan kita sudah cukup sering dilihat oleh orang -orang yang sama beberapa kali. Kenapa ? Karena dengan budget 1 juta per hari itu akan bisa menjangkau ke audience yang sangat banyak, dan dalam beberapa hari saja sudah bisa menjangkau ke lebih dari 30.000 orang. Jika kita memutuskan untuk tetap running iklan , maka iklan akan ditampilkan ke orang-orang yang sama berulang kali.

Oia, untuk mengetahui seberapa banyak orang yang sama melihat iklan kita, bisa kita melihat dari metrics “Frequancy” di Ads Manager :

Dari contoh di atas : Frequency sebesar 2,15 diperoleh dari 83.137 (impressions) dibagi dengan 38.679 (reach).

Impressions : seberapa banyak iklan kita dilihat (bisa lebih dari 1x dilihat per orang)
Reach : jangkauan (iklan kita menjangkau ke berapa banyak orang)

2. Tidak memperbarui iklan

Iklan yang “itu-itu saja” berpotensi membuat audience menjadi jenuh untuk melihatnya.

3. Audience overlap

Ini seperti ketika kita mentarget audience yang suka A, suka B, dan suka C. Padahal di sana ada banyak orang yang suka keduanya atau bahkan ketiga- tiganya. Akibatnya sebenarnya kita sedang mentarget ke orang-orang yang sama (iklan kita ditampilkan ke orang-orang yang sama).

Lalu gimana solusinya untuk mengatasi permasalahan di atas ?

1. Sesuaikan budget beriklan dengan jumlah audience
Contoh , jika kita hanya mentarget ke 30.000 orang maka gunakan budget yang tidak terlalu banyak misalnya 25 ribu rupiah per hari. Otomatis iklan akan menjangkau ke lebih sedikit orang sedemikian sehingga potensi iklan ditampilkan ke orang yang sama lebih kecil.

2. Perbarui iklan (ads creative) dengan yang baru

– Ganti foto yang baru yang sama menariknya atau yang lebih menarik lagi
– Ganti headline iklan
– Ganti angle beriklan
– dll

3. Gunakan Audience overlap tool (untuk mengetahui seberapa banyak audience yang overlap)
Ads manager ==> Audience ==>> Lalu pilih audience nya

PS : Ada artikel dari Facebook yang bagus ni , silakan dipelajari 🙂

https://web.facebook.com/business/a/custom-audience-exclusions?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *