Optimasi Akun Instagram Agar Jualan Laris

Assalamualaikum..Hai..ketemu lagi dengan Om Can..kali ini saya akan mencoba sharing tentang cara membuat akun Instagram yang “menjual”, yang nantinya akan kita gunakan sebagai toko online.

Oia,saya masih baru dalam Instagram marketing (masih pemula). Sharing ini hanyalah dari pengalaman saya mengoptimasi beberapa akun Instagram beberapa waktu yang lalu, yang Alhamdulillah sampai sekarang masih cukup banyak yang menghasilkan meskipun sudah tidak pernah saya optimasi lagi.

Kenapa harus Instagram ??

Sebelum lanjut, alangkah lebih baik kalau kita tahu alasan kenapa sebaiknya kita mulai untuk belajar memasarkan produk kita di Instagram. Paling tidak ada beberap alasan (versi saya sendiri) :
– Orang Indonesia tipe nya kebanyakan “visual”
– Menjangkau calon pembeli potensial (dari pengalaman pribadi)
– Adanya fitur hastags (memudahkan calon pembeli mencari produk kita)
– Bisa multi Account
– Di Facebook persaingan sudah mulai berdarah darah 😀
– Dengan cara gratisan pun masih bisa bisa lumayan hasilnya (ga perlu paid traffic :FB ads, adwords, dll)
– dll

Riset hastags

Hastag : Kata atau frase tanpa spasi yg diawali dengan tanda pagar (#) untuk mengelompokkan berdasarkan tema/topik yang spesifik. Contoh : #bajugamismurah, #kucinglucu, #desainrumahminimalis, dll

Langkah #1 ini sangat penting lho (bahkan menurut saya ini yg paling penting ).

Nah di sini kita akan mencari hastag-hastag yang sering digunakan oleh pengguna IG ketika mencari produk/postingan tertentu. Kita akan membuat nama toko online dari hastag yang sudah kita riset sebelumnya. Tujuannya adalah agar toko kita berada di urutan atas ketika ada orang mencari produk/postingan tertentu sehingga memiliki peluang yang lebih besar untuk dikunjungi.

Contohnya, lihat gambar di bawah ini :

Misalkan ada orang yg mencari produk jilbab syari maka di IG hasilnya akan seperti di gambar di atas.

Kita lihat, setiap kali ada yang mengetikkan kata kunci tertentu di kolom search di IG maka hasilnya akan muncul 2 jenis : hastag dan akun IG. Sebagian orang akan klik hastag, sebagian lagi memilih untuk klik akun IG.

Disini kita akan membahas yang pilihan yang kedua (klik akun IG). Untuk yang klik hastag, insya Allah di lain kesempatan ya…

Kalau kita perhatikan (lihat gambar di atas), akun IG yang muncul di urutan atas (jilbabsyarie,jilbabsyarimurah,jilbabsyari_dan syarijilbab) memiliki :

1. Nama akun nya mengandung kata /frase :”jilbab syari”
2. Untuk “bio” juga mengandung kata /frase :”jilbab syari”

Contohnya pada akun jilbabsyarimurah di atas :

Sudah paham ya ?? okee…sekarang kita mulai untuk riset hastag nya. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan , diantaranya adalah :

1. Banyak yg mencari/menggunakan
2. Persaingan cukup mudah
3. Ada “Purchase Intention” (minat beli) , contoh : #jualmainananak,#bajugamismurah,#caseiphone7murah, dll

NB : Saya pribadi biasanya memilih hastags di kisaran ratusan ribu post dan terdiri dari minimal 2 kata. Insya Allah masih cukup mudah untuk bisa muncul di urutan atas pencarian. Tapi kalau teman teman mau ambil yang lebih besar (jutaan) silakan saja, yang perlu diingat semakin besar semakin banyak persaingan (semakin susah muncul di urutan atas). Silakan test saja sendiri 🙂

Untuk lebih jelasnya cara riset hastag di sini akan saya berikan contoh langsung :

1. Pergi ke webiste wesbsta.me atau ke website instagram langsung (saat saya menulis ini websta.me sedang error, jadi kita ke website Instagram saja ya)

2. Misalkan saya ingin berjualan tas. Maka ketika kita ketikkan “grosir tas” akan muncul seperti di bawah ini :

scroll ke bawah akan muncul seperti ini :

3. Misalnya kita akan memilih hastag #grosirtasbranded (413.286 post).

Pilihan ini cukup bagus karena yang memakai ada ratusan ribu (persaingan masih relatif mudah ,cukup banyak orang yang mencari, dan ada “Purchase Intention”nya (ada kata “grosir”).

Oke..setelah kita berhasil menemukan hastag yang cocok maka lanjut ke materi membuat akun Instagram.

Membuat akun IG yang “menjual”

Di langkah ini kita akan membuat toko online (akun IG kita) dengan menggunakan nama akun dari langkah #1. Misalkan kita pilih #grosirtasbranded, maka variasi nama akun yang bisa kita ambil adl sbb :

@grosirtasbranded
@grosirtasbrandedmurah
@grosir_tas_branded
@grosir.tas.branded
@grosirtasbranded_murah

dst….

NB : sebaiknya bikin 3 akun sekaligus supaya memperbesar peluang untuk bisa berada di urutan atas pencarian. Contoh :@grosirtasbranded,@grosirtasbrandedmurah,@grosirtasbrandedbatam. Selain itu jika membuat 3 akun dengan nama yang hampir sama adalah nanti kita bisa mengisi kontennya(foto/video) dengan cara cukup upload foto/video yang sama ke 3 akun tsb karena temanya (niche) sama.

 

Upload Foto/Video ke Instagram

Ada banyak cara untuk upload konten foto/video ke IG. Kalau mau upload manual via mobile silakan saja,ga masalah. Tapi kalau ga mau menghabiskan banyak waktu bisa upload via desktop. Ada banyak tool gratisan yang bisa kita pakai. (silakan browsing di Google , hehe).

Dulu di awal awal saya memakai ONLYPUT (free selama 1 minggu). Atau tool-tool lain sebenarnya masih banyak, cuma saya lupa untuk mendokemntasikan.

Setelah nanti toko online di IG nya menghasilkan, hasilnya bisa ditabung untuk membeli tool berbayar. Teman teman kalau sudah punya modal sangat saya sarankan untuk pakai yang berbayar saja, selain karena bisa otomatis, bisa menghemat waktu dan tenaga sehingga bisa untuk mengembangkan bisnis yang lain.

 

Cara mendapatkan follower tertarget

Ada banyak cara agar akun IG kita mendapatkan banyak follower tertarget. Cara yang paling mudah adalah memfollow akun-akun IG yang menjual produk yang masih dalam 1 niche dengan akun IG kita.

Misalkan akun IG kita jualan produk sprei, maka kita bisa memfollow akun akun IG yang menjual produk
sprei juga, atau yang sejenis. Cara ini memang sederhana sih..tapi masih efektif sampai sekarang. Tapi kita juga harus memperhatikan batasan-batasan di IG :

* Limit/Batasan-batasan di Instagram

– Maksimal Upload Video Berdurasi : 60 Detik
– Maksimal Like : 350 Kali per Jam
– Batas Karakter maksimal Caption Instagram : 2200 karakter
– Jumlah Maksimal Hashtag : 30
– Following Maksimal : 7500 Akun
– Follower Maksimal : tidak dibatasi
– Jumlah foto/video yang diupload : tidak dibatasi

Oke..mungkin ini saja yang bisa saya sharing ke teman-teman. Sekali lagi saya masih pemula di Instagram marketing, ini hanya murni dari pengalaman saya mengoptimasi akun Instagram beberapa waktu yang lalu. Semoga bermanfaat. Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *