7 Tips Seputar Video Marketing di Facebook

Hai..masih dengan Om Can di sini. Gimana kabar ? kemarin sudah mendownload Ebook “10 Alasan Menggunakan Video Marketing” belum ya ? Sudah dibaca kan ? hehe…Kalau belum, ini link downloadnya saya berikan lagi :

Link 1 

Link 2 (alternatif)

Kali ini saya akan share tentang video marketing. Kenapa saya pilih video marketing ?  Untuk yang sudah baca ebook nya pasti sudah tahu jawabannya…

Intinya adalah, dalam hal marketing saat ini adalah ERA nya promosi menggunakan video. Seperti yang dikatakan oleh banyak pakar marketing : “video is the next big thing”, “video adalah masa depan dunia marketing”, dll.

Di kesempatan kali ini, saya akan mulai dari cara untuk mengoptimalkan video di Facebook.

Sudah tahu belum ya, ternyata setiap hari ada sekitar 8 Milyar video dan 100 juta jam video yang ditonton di Facebook di seluruh dunia..woww..keren ya?  😯

Itulah kenapa para pebisnis online banyak yang berinvestasi untuk membuat video yang profesional. Mungkin ada yang bertanya :”Om, tapi kan bikin video profesional itu susah ? ”

Yup…setuju..memang ga mudah untuk membuat video profesional. Tapi saran saya, kita bisa memulainya dari video yang sederhana di awal dan belajar untuk mengoptimasinya terlebih dahulu. Contohnya adalah dalam hal optimasi video di Facebook.

Oke, di bawah ini ada beberapa tips seputar video marketing di Facebook :

1. “3 detik” yang menentukan

Timeline di FB dipenuhi oleh berbagai hal seperti update status teman,artikel yang di share,notifikasi grup, dll. Trus, gimana cara agar mereka ini menghentikan scrol di timeline lalu menonton video kita ? Caranya adalah dengan membuat video yang bisa “mendapatkan perhatian” di 3 detik pertama.

Video yang diupload di FB, secara default adalah autoplay. Facebook men-setting auto play agar orang-orang dengan cepat mengetahui content video tersebut seperti apa, berbeda dengan yang berbentuk artikel /text yang mana orang-orang tidak perlu menekan tombol “play” seperti di video pada umumnya. Oleh karenanya, di 3 detik pertama saat video tersebut “autoplay” sangat menentukan apakah orang-orang lanjut menonton atau berhenti.

Beberapa cara agar video kita “mendapatkan perhatian” dari orang-orang pengguna FB :

– Gunakan thumbnails yang bagus
– Gunakan file video yang direkomendasikan oleh Facebook : (.mp4 dan .mov) agar loadingnya cepat
– Tidak perlu menggunakan opening video (intro) agar orang-orang mau untuk melanjutkan menonton.

2. Bikin vertical video

Alasannya adalah karena video yang berbentuk vertikal akan kelihatan bagus di smarthphone (mobile). Sudah tahu kan, sekarang semuanya serba mobile? Termasuk video juga lebih sering dilihat via mobile. Beberapa survey juga menyebutkan kalau video yang berbentuk vertikal akan lebih sering ditonton daripada yang horizontal.

3. Tambahkan caption ke dalam video

Seringkali orang-orang di FB pada saat menonton video tanpa suara/sound (otomatis ter-setting pada saat smartphone dalam mode silent). Oleh karenanya, tambahkan caption ke dalam video karena tidak semua orang yang menonton video langsung mengerti apa isi video tersebut.

Pasti ga mau kan, dah capek-capek bikin video tapi karena di awal video kurang menarik (karena banyak yang ga mengerti) akhirnya langsung di closed videonya.

Cara menambahkan caption ke dalam video sangat gampang kok :

4. Berikan deskripsi video (preview)

Terkadang orang malas untuk menonton video sampai selesai. Saran saya, tulislah di awal (preview) untuk menceritakan video tersebut tentang apa saja. Buatlah deskripsi yang menarik agar orang-orang tmenjadi tertarik untuk mau menonton.

5. Gunakan fitur “tag”

Gunakan tag atau mention ke seseorang atau tag ke fanspage lain untuk meningkatkan interaksi.

 

6. Pilih audience yang sesuai(relevan) dengan video

Tidak semua postingan bisa muncul di semua timeline pengguna Facebook karena adanya algoritma dari Facebook. Berdasarkan algoritma Facebook, relevansi adalah salah satu faktor yang menentukan postingan tersebut bisa muncul di timeline pengguna Facebook.

Lalu gimana caranya agar postingan video kita bisa ditujukan ke orang orang yang sesuai (relevan) ? Gampang kok :

7. Facebook video analytics

Terakhir, yang ga kalah penting adalah analisa video di FB dengan menggunakan fitur Facebook video analytics
Caranya, seperti di gambar di bawah ini :

Dari sana kita akan tahu video mana saja yang paling banyak ditonton, berap alama waktu (durasi) nya, dll .

Selain cara di atas kita juga bisa melihat dari menu “publishing tool” lalu lihat di postingan yang berupa video. Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti ini  :

 

Oke, mungkin ini saja yang bisa saya sharing seputar video marketing di Facebook. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu cek email dari saya, kalau ada pertanyaan bisa langsung komen di bawah ini atau bisa via email :omcan@omcandigital.com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *