5 Cara untuk Mencari Interest dalam Targeting di Facebook Ads

Salah satu kelebihan beriklan dengan menggunakan Facebook ads adalah dalam hal targeting. Facebook bisa mencarikan audience yang spesifik sesuai yang kita inginkan, tapi tentu saja hanya jika kita tahu caranya yang benar.

Sebagus apapun kualitas produk yang kita tawarkan , tetapi kalau dilihat oleh orang yang tidak tepat maka sudah pasti hasilnya tidak maksimal.

Misalnya jika kita ingin untuk menjual kaos bola Barcelona, maka tentu saja targetnya adalah orang-orang yang menyukai fanspage Barcelona, para pemain Barcelona, Camp Nou (stadion Barcelona)dll. Jangan sampai malah “nyasar” ke pendukung Real Madrid..iklan kita bisa -bisa malah jadi tempat bully nanti¬† ūüėÄ

Di awal-awal dulu saat saya baru mulai belajar Facebook ads, dan belum mengenal apa itu pixel, saya berusaha untuk mencari cara gimana cara agar iklan saya dapat dilihat oleh orang yang tepat (tertarget) dengan menggunakan “interest” yang ada di facebook. Untuk sekarang saya menggunakan tool ini (sangat menghemat waktu).

Sebenarnya ada banyak cara  agar kita bisa menemukan interest yang tepat untuk kita target dengan menggunakan Facebook ads , berikut ini 5 cara diantaranya :

1`. Audience insight (urutkan berdasarkan affinity)

Teknik ini mudah sekali kita gunakan oleh siapapun (free) dan hasilnya cukup bagus karena disana tersedia banyak data. Berikut ini adalah langkah- langkahnya :

a. Buka audience insight, masukkan interest dan country
b. Klik “page likes”
c. Geser ke bawah dan klik “affinity” lalu urutkan sesuai affinity

Affinity artinya adalah seberapa mirip audience dari interest yang kamu target dengan page tertentu, dibandingkan terhadap semua pengguna facebook.

Saran saya , cari yang affinity nya di atas 10x. Pada contoh di gambar di atas, kita menggunakan keyword “baju muslim anak” dan setelah diurutkan berdasarkan affinity kita peroleh beberapa page yaitu : baju muslim anak,¬†La Bella Baju Muslim Anak,¬†Pecinta Baju Bandung,Amika Kids, dll, gunakan ini sebagai interest saat beriklan.

NB : tidak semua page ada bisa digunakan sebagai interest.

2. Cara “Stalking”

Contoh misalkan target kita adalah orang-orang yang menyukai mainan edukasi, maka cari fanspage tentang mainan edukasi, lihat siapa saja yang menyukai, lalu Stalking atau kepoin fanspage apa saja yang di”like”.

3. Menggunakan tool : “Social Bakers”

Untuk tutorialnya bisa cari di Youtube atau Google ya..terlalu panjang dan teknis kalau dijelaskan di sini ūüėÄ

4. Gunakan Facebook Graph

Misalkan kita akan mencari page atau interest apa yang disukai oleh penggemar¬† Barcelona, maka ketikkan ini : “interests liked by men who like fc barcelona” di kolom Facebook Graph :

5. Gunakan Similarweb and Similarsites

Dua website ini bisa kita gunakan untuk mencari website lain yang sejenis. Selain itu kita bisa juga menemukan website apa saja yang orang-orang kunjungi sebellum dan sesudahnya.

Misalkan kita ingin mencari orang-orang yang menyukai mainan edukasi,¬† pertama ketik “mainan edukasi” di Google , maka akan ditampilkan website-website tentang mainan edukasi, salah satunya adalah website :¬†http://www.tokomainanedukasi.com/.

Langkah selanjutnya adalah masukkan url website tersebut ke website Similarweb and Similarsites, seperti di bawah ini :

Maka akan ditampilkan website-website yang sejenis dengan¬†http://www.tokomainanedukasi.com/. Gunakan website-website yang ditampilakan di sini untuk dimasukkan ke dalam target beriklan sebagai “interest”. Oia, tidak semua website-website ini akan dijadikan “interest” oleh Facebook, maka sebaiknya silakan dicek sendiri ya…

4 Comments

  1. Avatar
  2. admin
  3. Avatar
  4. Avatar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *